Flowchart Sistem Pendapatan Kas






Flowchart Sistem Pendapatan Kas di RH Jaya

1.      Diawali ketika sales memberikan Katalog yang berisikan daftar barang apa saja yang ditawarkan oleh RH Jaya kepada konsumen.

2.      Setelah konsumen menerima katalog, maka konsumen dapat memberikan daftar barang yang dipesan kepada sales dan setelah itu daftar barang yang dipesan diberikan kepada bagian gudang untuk melihat barang yang dipesan tersedia atau tidak.

3.      Gudang memberikan persetujuan atas daftar barang yang dipesan kepada admin untuk dibuatkan surat jalan dan faktur.

4.      Surat jalan dan faktur yang dibuat admin, diberikan kepada gudang untuk mempersiapkan barang.

5.      Ketika barang sudah siap, gudang memberikan surat jalan, faktur, dan barang kepada bagian pengiriman untuk mengirim barang ke konsumen.

6.      Setelah konsumen menerima barang, surat jalan, faktur, konsumen melakukan pembayaran dan menandatangani surat jalan dan faktur yang diserahkan kepada bagian pengiriman.

7.      Pengiriman menerima uang, surat jalan tervalidasi, dan faktur tervalidasi lalu memberikan kepada konsumen rangkap pertama atas surat jalan dan faktur yang tervalidasi.

8.      Surat jalan dan faktur yang tervalidasi rangkap 2 dan 3  diberikan kepada bagian admin, sedangkan uangnya diberikan kepada bagian kasir.

9.      Uang diserahkan ke bagian kasir dan kasir membuat bukti penerimaan kas dan diberikan kepada bagian admin.

10.  Admin menerima surat jalan dan faktur yang tervalidasi serta bukti penerimaan kas dari kasir. Berdasarkan dokumen-dokumen tersebut, admin membuat laporan penerimaan kas yang akan diserahkan kepada bagian keuangan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart Sistem Pendapatan (Pelaporan Keuangan)

Flowchart Sistem Pendapatan atas Penagihan Piutang

Flowchart Sistem Pendapatan Lain-Lain ( Bonus )