Flowchart Sistem Pendapatan atas Penagihan Piutang








Flowchart Sistem Pendapatan atas Penagihan Piutang di RH Jaya

1.      Diawali ketika sales memberikan Katalog yang berisikan daftar barang apa saja yang ditawarkan oleh RH Jaya kepada konsumen.

2.      Setelah konsumen menerima katalog, maka konsumen dapat memberikan daftar barang yang dipesan kepada sales dan setelah itu daftar barang yang dipesan diberikan kepada bagian gudang untuk melihat barang yang dipesan tersedia atau tidak.

3.      Gudang memberikan persetujuan atas daftar barang yang dipesan kepada admin untuk dibuatkan surat jalan dan faktur.

4.      Surat jalan dan faktur yang dibuat admin, diberikan kepada gudang untuk mempersiapkan barang.

5.      Ketika barang sudah siap, gudang memberikan surat jalan, faktur, dan barang kepada bagian pengiriman untuk mengirim barang ke konsumen.

6.      Setelah konsumen menerima barang beserta dokumennya, konsumen menandatangani surat jalan dan faktur.

7.      Surat jalan dan faktur yang tervalidasi diberikan kepada bagian pengiriman dan pengiriman memberikan surat jalan dan faktur yang tervallidasi rangkap 2 (warna merah) kepada konsumen atas penjualan kredit.

8.      Surat jalan dan faktur rangkap 1 dan 3 yang tervalidasi diberikan kepada bagian admin. Ketika jatuh tempo, bagian admin akan memberikan surat jalan dan faktur yang tervalidasi kepada sales untuk  menagih.

9.      Sales mendatangi konsumen untuk menagih, sesuai dengan surat jalan dan faktur yang tervalidasi(rangkap satu). Konsumen membayar atas faktur tersebut, dan sales memberikan faktur rangkap satu (warna putih) kepada  konsumen sebagai tanda bahwa piutang sudah lunas.

10.  Uang yang diterima sales diserahkan kepada bagian kasir untuk dibuatkan bukti penerimaan piutang. Bukti tersebut akan diserahkan kepada admin.

11.  Admin menerima bukti penerimaan piutang dari kasir dan memiliki surat jalan dan faktur yang tervalidasi. Dokumen-dokumen tersebut menjadi dasar untuk membuat laporan pendapatan atas penagihan piutang.

12.  Laporan pendapatan atas penagihan piutang yang sudah jadi diserahkan kepada bagian keuangan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Flowchart Sistem Pendapatan (Pelaporan Keuangan)

Flowchart Sistem Pendapatan Lain-Lain ( Bonus )